Skip to main content

UML (Unified Modeling Language)


1.  Pengertian
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented).

2.  Komponen-komponen UML
a.  View
View digunakan untuk melihat sistem yang dimodelkan dari beberapa aspek yang berbeda. View bukan melihat grafik, tapi merupakan suatu abstraksi yang berisi sejumlah diagram.
Beberapa jenis view dalam UML antara lain: use case view, logical view, component view, concurrency view,dan deployment view.
b.  Use case view
Mendeskripsikan fungsionalitas sistem yang seharusnya dilakukan sesuai yang diinginkan external actors. Actor yang berinteraksi dengan sistem dapat berupa user atau sistem lainnya.
View ini digambarkan dalam use case diagrams dan kadang-kadang dengan activity diagrams. View ini digunakan terutama untuk pelanggan, perancang (designer), pengembang (developer), dan penguji sistem (tester).
c.   Logical view
Mendeskripsikan bagaimana fungsionalitas dari sistem, struktur statis (class, object,danrelationship ) dan kolaborasi dinamis yang terjadi ketika object mengirim pesan ke object lain dalam suatu fungsi tertentu.
View ini digambarkan dalam class diagrams untuk struktur statis dan dalam state, sequence, collaboration, dan activity diagram untuk model dinamisnya. View ini digunakan untuk perancang (designer) dan pengembang (developer).
d.  Component view
Mendeskripsikan implementasi dan ketergantungan modul. Komponen yang merupakan tipe lainnya dari code module diperlihatkan dengan struktur dan ketergantungannya juga alokasi sumber daya komponen dan informasi administrative lainnya.
View ini digambarkan dalam component view dan digunakan untuk pengembang (developer).
e.  Concurrency view
Membagi sistem ke dalam proses dan prosesor.View ini digambarkan dalam diagram dinamis (state, sequence, collaboration, dan activity diagrams) dan diagram implementasi (component dan deployment diagrams) serta digunakan untuk pengembang (developer), pengintegrasi (integrator), dan penguji (tester).
f.   Deployment view
Mendeskripsikan fisik dari sistem seperti komputer dan perangkat (nodes) dan bagaimana hubungannya dengan lainnya.
View ini digambarkan dalam deployment diagramsdan digunakan untuk pengembang (developer), pengintegrasi (integrator), dan penguji (tester).
g.  Diagram
Diagram berbentuk grafik yang menunjukkan simbol elemen model yang disusun untuk mengilustrasikan bagian atau aspek tertentu dari sistem. Sebuah diagram merupakan bagian dari suatu view tertentu dan ketika digambarkan biasanya dialokasikan untuk view tertentu.

3.  Aturan Pemakaian
a.    UML sebagai sketsa
UML digambarkan dalam sketsa coretan-coretan dalam kertas atau whiteboard secara tidak formal. Biasanya digunakan dalam sesi diskusi tim untuk membahas aspek tertentu dalam tahap analisis dan perancangan.
b.    UML sebagai blueprint system
Seperti diagram kelistrikan adalah blueprint dari komponen atau produk yang akan dihasilkan, UML juga bisa menggambarkan blueprint yang identik untuk sebuah system software.
c.    UML sebagai bahasa pemrograman
         UML berfungsi sebagai bahasa pemrograman mencoba melakukan semuanya dengan UML sampai kepada produk jadinya. Analisis dan perancangan dilakukan dengan diagram-diagram yang ada dalam UML, sementara sebuah tool atau generator bisa menghasilkan produk akhir dari diagram-diagram ini.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Model Proses pada Rekayasa Perangkat Lunak

1.   Model Linear Sequential/Waterfall Model Linear Sequential/Waterfall merupakan paradigma rekayasa perangkat lunak yang paling tua dan paling banyak dipakai. Kelebihan model Linear Sequential/Waterfall : ·      Mudah diaplikasikan ·   Memberikan template tentang metode analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan ·     Cocok digunakan untuk produk software yang sudah jelas kebutuhannya di awal, sehingga minim kesalahannya Kekurangan model Linear Sequential/Waterfall : ·    Terjadinya pembagian proyek menjadi tahap-tahap yang tidak fleksibel, karena komitmen harus dilakukan pada tahap awal proses ·         Sulit untuk mengalami perubahan kebutuhan yang diinginkan customer ·       Customer harus sabar untuk menanti produk selesai, karena dikerjakan tahap per tahap,menyelesaikan tahap awal baru bisa ke tahap selanjutnya ·      ...

Kelebihan dan Kekurangan Model Metode Pengembangan Sistem [II]

Ini adalah lanjutan dari tugas kuliah saya yang pertama. Untuk tugas kuliah yang pertama saya dapat dilihat di   Kelebihan dan Kekurangan Model Proses pada Rekayasa Perangkat Lunak 1.        V-Shaped Model V-Shaped Model  sering disebut sebagai pengembangan dari teknik  waterfall .  V-Shaped Model  untuk verifikasi dan validasi dan merupakan model standar yang bayak dipakai di negara-negara Eropa seperti standar  untuk proyek pertahanan dan administrasi federal di Jerman. a.        Tahapan  V-Shaped Model Tahapan  V-Shaped Model  membentuk seperti huruf V sehingga urutan tahapannya ada yang sejajar tetapi berlangsung secara urut dan membentuk huruf V, berikut tahapan dari  V-Shaped ModelI : 1)        System Test Planning  :  Requirements  yang setara dengan  System Testing 2)      ...

Profil Henry Lau Super Junior M

Annyeong haseo:) Haiiii......haiiii..............haiiiiii Apa kabar neh?? Pastinya baik-baik aja kan:) Kali ini aku mau bahas tentang Super Junior M. Boyband yang paling aku sukai hehehe Di Super Junior aku paling suka sama Yesung n Donghae..(Malah curhat diri sendiri hahaha:D) Tapi akhir-akhir ini aku lagi suka sama Henry Lau, Super Junior M. Wajahnya yang charming n kyeoppta bikin gemeessss:D Ini neh profil dari Henry Lau yang kyeoppta...nomu nomu nomu kyeoppta:) Profil Nama                        : Henry Lau Nama Mandarin         : Liu Xian Hua Nicknames : Mochi, Violin Prince, Meat Buns, Liu Fresh Flowers, Underwear Thief, Kid Name of Fans        : Strings TTL                       : Canadian Chinese, 11 Oktober 1989 Bintang                 : Libra Pendidikan ...